Galangan kapal dibedajan menjadi 2 macam yaitu:
- Galangan kapal daera terbuka, Yaitu galangan yang dibangun menghadap perairan terbuka
- galangan kapal daerah tertutup, yaitu Galangan yang dibangun di tepi sungai atau kanal yang mempunyai daerah perairan terbatas
- Fully Comprehensive Establisment
- Ship Building Work
- Ship Building Yard
- Ship Assembly Yard
MEMAHAMI BANGUNAN KAPAL
- Jenis bangunan dan bagian kapal
- ukuran pokok kapal
- tonase kapal
- tangki2 dasar ganda
- Struktur dan bagian2 bangunan kapal
- bentuk gading kapal
- bentuk haluan dan buritan kapal
- fungsi sekat kedap air
- fungsi penyambung dengan las dan keling
- fungsi2 penataan Ballast
PERENCANAAN PEMBUATAN KAPAL
- Perencanaan permulaan / prelemenary design
- Perencanaan gambar (gambar utama & gambar kerja)
- Perencanaan gambar rencana garis dan di gambar di lantai gambar muloock (garis)
- Rencana gambar komponen
- Pabrikasi / penyambungan dari komponen kontruksi
- Penyambungan seksi2 & komponen2 di atas galangan
- Pengetesan konstruksi dari pengelasan
- Persiapan peluncuran dan peluncuran
- Pengerjaan out fitting
- Percobaan pelayaran
- Penyerahan kapal
Macam - Macam Ukuran Kapal
- Membujur
- Melintang
- Vertikal
UKURAN MEMBUJUR
- LOA (Length Over All) = Panjang diukur dari ujung haluan sampai dengan ujung buritan
- LPP (Length between perpendicular) = Panjang diukur dari After speed sampai dengan for speed.
- LWL (Length on Water Line ) = Panjang diukur dari lingi buritan sampai dengan lingi haluan
MACAM MACAM BENTUK HALUAN
MACAM MACAM BENTUK BURITAN
* WL = Water Line
PENGERTIAN WRANG
Kegunaan Wrang adalah untuk memperkuat dasar ganda pada kapal
Terdapat juga Man Hole, Adalah untuk keluar masuk orang pada tangki dasar ganda penutup harus kedap air, boleh dari luar maupun dalam. Kalau penutupan dari dalam tutup harus berbentuk bundar - lonjong.
Macam macam Wrang
- Wrang Penuh
- Wrang tidak penuh
- Wrang kedap air
PLIMSOLL MARK ( Markah Kambangan)
Atau sering juga disebut sebagai markah benaman, adalah sebua tanda pada ke 2 lambung kapal untuk membatasi sarat maksimum sebuah kapal demi keamanan dan & keselamatan kapal
ARTI SIMBOL PADA PLIMSOLL MARK
- L . R ( Liyod Register ) inggris = Bahwa kapal tersebut telah diberi klasifikasi dari biro klasifikasi dari inggris termasuk pemasangan tanda tsb
- S (Summer) = Batas garis air bila kapal memuat & berlayar di laut pada musim panas
- W (Winter) = Batas garis air bila kapal memuat & berlayar di laut pada musim dingin
- WNA ( Winter North Atlantic) = Batas garis air bila kapal memuat & berlayar di laut bila musim dingin di daerah Atlantik utara.
- S ( Summer) load line = Adalah garis batas tenggelam kapal pada waktu berada di laut di daerah musim panas permanen, pada musi panas sisi atas garis 'S' letaknya segaris dengan pusat lingkaran garis air
- T ( Tropic) load line = Adalah garis batas tenggelam kapal pada waktu berada di laut di daerah musim Tropis permanen.
- TF (Tropic Fresh Water) load line = Garis batas tenggelam kapal pada kapal pada waktu di air tawar
BIRO KLASIFIKASI DUNIA
- Biro Klasifikasi Indonesia (KI)
- American Bureau of Shipping (ABS-USA) Dual Class
- Bureau Veritas (BV-France) Dual Class
- China Classification Society (CCS-China) Mutual Representative
- Det Norske Veritas Classification AS (DnV-Norway) Dual Class
- Germanischer Lloyd (GL-Germany) Mutual Representative
- Helenic Register of Shipping (HRS-Greece) Mutual Representative
- Indian Register of Shipping (IRS-Indian) Mutual Representative
- International
Tidak ada komentar:
Posting Komentar